Tips Cara Mencegah Penyakit Miom

By | 06/08/2017

Tips Cara Mencegah Penyakit Miom

Tips Cara Mencegah Penyakit Miom – Fibroid rahim atau juga dikenal dengan penyakit miom rahim, adalah tumor yang terbentuk dari faskula otot dan jaringan ikat yang tumbuh di dalam dan di luar negeri. Penyakit miom sudah banyak dikaji oleh para ahli.

Penyebab utama dari miom adalah rangsangan hormon estrogen. Jumlah resptor estrogen pada jaringan mioma melebihi jaringan otot kandungan disekitarnya, sehingga bisa tumbuh lebih cepat saat kehamilan, bertambah besar saat reproduksi dan mengecil pada masa menopause.

Tips Cara Mencegah Penyakit Miom

Terjadinya infeksi atau terdapatnya jamur pada rahim juga dapat memicu tumbuhnya miom meskipun telah diangkat dengan operasi. Pencegahan dini yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan agar tidak ada bakteri yang masuk kedalam rahim.

Kekhawatiran sering mendera wanita yang terserang miom, apakah masih bisa hamil atau tidak. Peluang hamil wanita dengan miom memang berkurang karena terjadinya penyempitan leher rahim yang menghambat masuknya sperma kedalam rahim dan menyulitkan terjadinya pembuahan.

Miom adalah salah satu penyakit rahim yang harus diwaspadai oleh para Wanita. Miom bisa terjadi saat wanita tidak hamil maupun saat hamil. Miom biasanya akan tumbuh pada 20-80% wanita pada usia 30-50 tahun. Semakin bertambah usia seorang wanita, resiko untuk bertumbuhnya miom dalam rahim meningkat. Miom dapat menurun, lho. Namun, tentu ada cara untuk mencegahnya, seperti yang dijelaskan berikut ini :

1. Berolahragalah Secara Teratur

Sebuah studi menyatakan bahwa semakin rutin seorang wanita berolahraga, kemungkinan tumbuhnya miom dalam rahimnya semakin rendah.

2. Awasi Berat Badan Anda
Sebuah penelitian mengklaim bahwa wanita yang menderita obesitas memiliki kemungkinan tumbuhnya miom rahim 2-3 kali lebih tinggi.

3. Pilih Pil KB Dari Pada Suntik Atau Spiral

Pil KB memiliki potensi lebih rendah dalam menumbuhkan miom dalam rahim. Namun, hati-hati, pemakaian pil KB pada usia muda malah dapat memicu tumbuhnya miom.

4. Kurangi Konsumsi Daging Merah

Menurut para ahli, konsumsi daging sapi, kambing dan babi yang berlebih dapat meningkatkan kemungkinan mengidap miom. Perbanyak ikan laut berkadar merkuri rendah sebagai pengganti daging merah.

5. Makan Lebih Banyak Sayuran Hijau

Wanita pasti sudah paham akan banyaknya manfaat sayuran hijau terhadap kesehatan, salah satunya untuk mencegah tumbuhnya miom.

Lebih baik mencegah daripada mengoperasikan, Ladies ?, Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat untuk Anda Ladies …. Keep Healthy 😀

Baca Juga : 

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes

Fakta Miom Yang Wajib Diketahui Wanita

Obat Impetigo

Inilah Tanda-Tanda Miom Menurut Medis

Biaya Melakukan Operasi Transplantasi Ginjal

Tips Cara Mencegah Penyakit Miom

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *