Sayuran Penurun Gula Darah Untuk Diabetes

By | 31/03/2017

Sayuran Penurun Gula Darah Untuk Diabetes

Sayuran Penurun Gula Darah Untuk Diabetes – Apabila anda menderita penyakit diabetes, pastinya harus mengontrol asupan makanan yang akan dikonsumsi oleh tubuh. Penderita diabetes harus mengetahui mana makanan yang menyebabkan kadar gula darah naik dan mana yang bisa menurunkan nya. Hal tersebut harus dilakukan karena sebagai langkah awal untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Sayuran Penurun Gula Darah Untuk Diabetes

Penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Sebagaimana kita tahu bahwa indeks glikemik yang tinggi dapat membuat glukosa darah meningkat dengan cepat. Menu makanan harian untuk penderita diabetes sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Di dalam menu sehat tersebut  terdapat beberapa makanan yang sangat baik untuk tubuh maupun untuk mengurangi penyakit diabetes.

Salah satu makanan yang termasuk pada menu harian tersebut adalah sayuran. Sayuran yang memiliki rendah kalori dan karbohidrat merupakan makanan yang ideal bagi penderita diabetes. Sayuran tersebut merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan anti-oksidan sehingga American Diabetes Association merekomendasikan mengkonsumsi sayuran 3-5 porsi setiap hari. Satu porsi sayuran dapat diolah menjadi jus sayur, sayur yang dimasak dan dimakan mentah. Untuk mengkonsumsi sayuran pilihlah sayuran yang segar karena kandungan nutrisi di dalamnya masih utuh. Berikut ini beberapa sayuran yang disarankan untuk penderita diabetes antara lain:

1. Brokoli

Sayuran pertama yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah brokoli. Brokoli memiliki kandungan kronium yang sangat tinggi yang berfungsi sebagai pengatur insulin dan gua darah. Dengan kandungan tersebut fungsi insulin akan meningkat sehingga kadar gula darah dapat kembali normal. Selain itu, di dalam brokoli juga terdapat kandungan sulforaphane yang berfungsi untuk memperbaharui produksi enzim, mencegah kerusakan sel yang diakibatkan dari tingginya kadar gula dalam darah dan melindungi pembuluh darah. Untuk mendapatkan kandungan dan manfaat dari brokoli, diusahakan untuk mengolahnya dengan cara dikukus, dipanggang sebentar dalam microwave atau ditumis. Jangan pernah mengolahnya dengan cara direbus karena dapat menghilangkan semua kandungan gizi di dalam brokoli.

2. Bayam

Sayuran yang merupakan sumber kekuatan dari serial kartun Popaye ini ternyata dapat mencegah diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan lebih dari 200 ribu orang yang memiliki usia sekitar 30-74 tahun menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi sayuran sebanyak 1 ½ porsi sayuran setiap hari memiliki resiko diabetes 14% lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang jarang mengkonsumsi sayuran. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat aktif pada sayuran mampu mendorong untuk melakukan pola hidup yang sehat sehingga dapat mengurangi resiko diabetes.

3. Sawi Hijau

Di dalam sawi hijau terdapat vitamin K yang dapat mencegah diabetes mellitus dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Sawi juga mengandung asam folat yang berperan penting dalam proses sintesis mucleoprotein yang menjadi inti dalam pembentukan dan produksi butir-butir darah merah dalam sum-sum tulang sehingga dapat mencegah anemia. Selain itu, kandungan vitamin E yang terdapat pada sawi putih berperan sebagai sumber antioksidan utama dalam sel. Betakaroten dan vitamin C pada sawi hijau juga sangat baik dalam mencegah penyakit jantung dan kolesterol. Selain dapat mencegah penyakit diabetes, sawi hijau juga dapat mencegah penyakit lain yang akan menyerang tubuh.

4. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang sudah terkenal khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan khasiatnya dalam mengoptimalkan fungsi mata, hal tersebut sangat berkaitan dengan penyakit diabetes. Perlu anda ketahui bahwa penderita diabetes nantinya akan mengalami gangguan penglihatan. Hal tersebut terjadi dikarenakan tingginya kadar gula darah yang menghambat aliran darah sehingga pembuluh darah menjadi menyempit khususnya aliran darah yang menuju retina. Apabila kadar gula darah dibiarkan begitu saja dan terus meningkat maka gangguan penglihatan akan semakin parah dan berujung pada kebutaan permanen. Oleh karena itu, konsumsilah wortel secara rutin agar fungsi mata dapat kembali normal karena kandungan lutein dan karotenoid di dalamnya. Selain itu, kandungan serat dalam wortel juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang cukup banyak dan menimbulkan sensasi segar ketika mengkonsumsinya. Selain itu, mentimun juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh salah satu nya untuk penyakit diabetes. Mentimun yang diolah menjadi jus mengandung hormon yang dibutuhkan sel-sel dalam pankreas untuk memproduksi insulin. Dengan produksi insulin yang meningkat tentu saja dapat membantu menyembuhkan penyakit diabetes. Maka dari itu, mentimun sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tidak hanya untuk diabetes saja, mentimun juga dapat menurunkan kolesterol karena senyawa sterols di dalamnya.

Itulah beberapa sayuran yang dapat menurunkan kadar gula darah sehingga dapat membantu proses penyembuhan diabetes. Sayuran tersebut harus dikonsumsi secara rutin dan teratur agar semakin maksimal dalam menyembuhkannya. Tidak lupa juga untuk melakukan olahraga rutin, pola makan yang baik, istirahat yang cukup dan menjauhi stress merupakan langkah yang baik untuk mengontrol gula darah tetap stabil.

Sayuran Penurun Gula Darah Untuk Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *