Penyebab Umum Sakit Pinggang

By | 28/02/2017

Penyebab Umum Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan hal yang umum di alami setiap manusia khususnya orang tua. Bahkan diperkirakan sekitar 60% manusia pernah mengalami sakit nyeri sendi pinggang semasa hidupnya. Dalam beberapa kasus, sakit pinggang ini bisa menyerang dalam waktu yang lama bahkan berbulan bulan. Lalu apa penyebab sakit pinggang yang banyak dialami banyak orang ? Berikut Kami sampaikan pada halaman ini tentang Penyebab Umum Sakit Pinggang.

Dalam dunia kedokteran sakit pinggang juga dikenal dengan istilah lower back pain yang pada umumnya disebabkan oleh arthritis pada orang tua. Namun adapun penyebab lain dari sakit pinggang diantaranya…

Kehamilan

Sakit pinggang juga sering dialami oleh para ibu hamil. Kehamilan dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang sebelah kiri karena berat badan yang menekan tulang lumbar. Selain itu hormon estrogen juga ikut serta dalam melonggarkan ligamen dan struktur tulang belakang.

Cedera

Cedera pada lumbar atau patah tulang juga dapat menyebabkan pinggan terasa sakit. Pada penderita osteoporosis resiko fraktur pada lumbar memang sangat tinggi. Cedera lumbar dapat menimbulkan rasa nyeri pada daerah pinggang dan terasa sakit saat digerakan.

Obat Nyeri Pinggang Alami

Solusi Tepat Redakan sakit sendi akibat rematik, asam urat dan sebagainya ->  Obat Sakit Pinggang Herbal QnC Jelly Gamat

Usia

Usia sudah tentunya merupakan faktor yang sering dialami orang tua mengalami sakit pinggang. Hal ini dikarenakan pada usia yang bertambah tua beberapa hal terjadi seperti perubahan tulang rawan menjadi lebih tipis, rapuh dan lemah. Tulang rawan inilah yang menjadi bagian dari cakram dan sendi pada bagian tulang belakang yang mengalami keausan serta merosot seiring bertambahnya usia.

Mengangkat Beban Secara Berlebihan

Seseorang yang memiliki aktivitas mengangkat beban secara berlebihan dapat menyebabkan regangan pada bagian punggung bagian bawah sehingga akan terasa sakit pada pinggang. Kondisi ini juga dikenal dengan regangan lumbal serta ditandai dengan cedera yang mempengaruhi ligamen, otot otot punggung bawah dan tendon.

Syaraf Terjepit

Sakit pinggang bisa terjadi ketika ada saraf yang terjepit atau ada tekanan. Rasa sakit mungkin ringan hanya saja disertai dengan rasa panas dan rasa tidak nyaman. Beberapa aktivitas seperti duduk dalam waktu lama, batuk, bersin, tegang dan memutar dapat menambah rasa sakit.

Infeksi Ginjal

Nyeri pinggang juga bisa diakibatkan oleh infeksi ginjal. Pasien yang menderita kondisi ini sangat sensitif bahkan untuk sedikit sentuhan pada daerah panggul. Selain rasa sakit pada daerah pinggang penderita juga dapat mengalami demam tinggi, rasa mual dan muntah.

Batu Ginjal

Penderita batu ginjal juga dapat merasakan sakit pada bagian pinggang. Karena pada penderita batu ginjal urin tersumbat dalam ginjal yang mengakibatkan sakit pinggang dan pembengkakan pada ginjal.

Tumor

Baik itu tumor ganas maupun jinak dapat menyebabkan nyeri pinggang. Hal ini bisa terjadi jika tumor berada pada panggul atau tulang belakang yang menyebabkan nyeri, sakit dan hilangnya fungsi otot.

Stres

Tahukah Anda bahwa stres juga dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian pinggang. Hal ini dibuktikan dengan adanya banyak laporan menjelaskan bahwa mereka yang mengalami tekanan stres atau depresi cenderung merasakan sakit pada bagian punggung.

Beberapa faktor diatas dapat menyebabkan sakit pinggang. Sehingga apabila Anda tengah merasakan sakit pada bagian pinggan segera lah mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosa atau mengetahui secara pasti penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya lebih awal maka hal yang buruk dapat dihindari.

Demikianlah apa yang bisa Kami sampaiakan mengenai penyebab umum sakit pinggang semoga bermanfaat.

Apakah anda menyukai postingan kami yang satu ini?
Silahkan bergabung dengan kami di
Twitter
Facebook
Google+

Penyebab Umum Sakit Pinggang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *