Penyebab Keputihan Terlalu Kental

By | 01/09/2017

Penyebab Keputihan Terlalu Kental

Penyebab Keputihan Terlalu Kental – Keputihan merupakan sesuatu yang wajar dialami oleh setiap wanita. Tak heran, jika hampir semua wanita mengenal betul apa itu keputihan. Bagaimana tidak nyamannya saat mengalami keputihan dan perasaan jadi takut karena keputihan. Mengenai kondisi ini, sebenarnya ini terjadi tergantung dengan kondisi tubuh, kesehatan, usia, kebersihan dan masih banyak lagi.

Keputihan adalah cara alami Miss V mengeluarkan kotoran dan membersihkan dirinya secara mandiri. Biasanya, keputihan dibarengi dengan munculnya sejumlah cairan dari dalam Miss V berwarna putih normal. Namun, ada beberapa keputihan yang tidak normal sehingga ia muncul terlalu banyak, deras dan kental bahkan berbau.

Penyebab Keputihan Terlalu Kental

Ciri-Ciri Keputihan 

Jumlah, warna, serta kekentalan lendir keputihan tergantung pada siklus menstruasi yang dialami oleh seorang wanita. Contohnya, jumlah lendir akan lebih banyak pada masa subur atau menyusui. Lendir yang normal umumnya berwarna bening hingga keputih-putihan dan tidak berbau. Lendir tersebut juga biasanya tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina.

Jika mengalami keputihan dengan gejala berbeda, Anda sebaiknya waspada. Keputihan yang tidak normal terkadang bisa mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Misalnya, ada perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut.

Keputihan yang tidak normal juga sangat jarang dialami oleh remaja putri yang belum melewati masa pubertas dan wanita yang telah menopause. Karena itu, segera periksakan diri ke dokter jika Anda, anak Anda, atau ada anggota keluarga lain yang mengalaminya.

Untuk keputihan yang tidak normal ini, ada beberapa penyebab utamanya. Penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. IMS

Penyebab pertama dari keputihan tak normal adalah IMS (Infeksi Menular Seksual). Ini umumnya diakibatkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat. Sering ganti pasangan tanpa menggunakan alat pengaman kondom. Selain keputihan yang tidak normal, hubungan seksual tidak sehat juga sangat mungkin meningkatkan risiko penularan penyakit, menurunnya daya tahan tubuh dan Miss V yang tidak sehat.

2. Infeksi Jamur

Untuk penyebab kedua dari keputihan yang muncul terlalu deras dan kental adalah infeksi jamur. Infeksi ini bisa terjadi karena kebersihan Miss V tidak maksimal. Ini juga disebabkan oleh kebiasaan buruk malas ganti celana dalam, celana dalam terlalu ketat serta Miss V sangat lembab.

3. Ovulasi atau Masa Subur

Mengalami keputihan yang terlalu deras dan kental tidak serta merta sebagai risiko terserang penyakit. Ini bisa saja terjadi karena tubuh berada dalam fase ovulasi atau masa subur. Di samping berada dalam masa subur, keputihan ini juga terjadi karena kamu konsumsi makanan yang menyebabkan produksi cairan penyebab keputihan di rahim meningkat seperti halnya buah mentimun.

4. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Bagi wanita yang sudah menikah dan menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, ini juga sangat mungkin mengalami keputihan yang berlebihan. Umumnya, mereka yang mengalami keputihan ini adalah mereka yang hormon tubuhnya tidak cocok dengan alat kontrasepsi yang digunakan. Jika mengalami hal ini, konsultasikan masalah ini dengan bidan atau dokter ahlinya.

Itulah sedikitnya empat hal yang menjadi penyebab keputihan muncul terlalu kental dan deras. Selain penyebab di atas, penyebab lain seperti penggunaan sabun pembersih Miss V, penggunaan parfum, pelumas, semprotan atau sejenis di organ intim juga sangat mungkin menyebabkan keputihan.

Penyebab Keputihan Terlalu Kental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *