Penyebab Dan Gejala Penyakit Kolesterol

By | 03/01/2018

Penyebab Dan Gejala Penyakit Kolesterol Menurut Dokter

Penyebab dan gejala penyakit kolesterol hampir sekitar 80% lebih penderitanya TIDAK MENYADARINYA !. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan penderita akan pengertian serta bahayanya mengidap penyakit yang satu ini. Untuk itu anda sebagai orang yang cerdas, WAJIB mengetahui penyebab dan gejala penyakit kolesterol menurut dokter berikut ini, Agar anda mampu mencegah dan mengobati penyakit kolesterol sejak dini.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Kolesterol

Kolesterol tinggi bukanlah penyakit, namun berpotensi menyebabkan berbagai penyakit. Diantaranya adalah penyakit jantung, stroke, diabetes dan hipertensi alias tekanan darah tinggi. Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh hati dan sangat penting untuk fungsi tubuh. Kolesterol secara alami terdapat dalam dinding sel atau selaput di mana-mana di dalam tubuh, termasuk juga otak, saraf, otot, kulit, hati, usus, serta jantung. Dalam keadaan normal pula kolesterol berfungsi sebagai pembangun serta pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk dan tidak ke dalam sel, terlibat dalam produksi hormon sex, membantu produksi empedu.

Apa Pengertian Kolesterol ?

Hal pertama yang wajib diketahui yakni pengertian dari kolesterol, kolesterol adalah lemak yang berada dalam tubuh manusia dan diproduksi oleh organ hati. Ada dua jenis kolesterol yakni LDL dan HDL. Masing-masing dari kolesterol ini berbeda LDL adalah Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat yang menyebabkan adanya pengendapan pada arteri yang dapat mengundang penyakit jantung ataupun stroke. Sedangkan HDL atau High Density Lipoprotein merupakan kolesterol baik yang tidak mengendap pada arteri dan juga berfungsi untuk membuat perlindungan pembuluh darah dari adanya Aterosklerosis yaitu terbentuknya plak pada bagian dinding pembuluh darah dan untuk melindungi jantung dari terserangnya penyakit jantung koroner.

14 Gejala Penyakit Kolesterol Menurut Dokter

Apa saja gejala penyakit kolesterol ? Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Dr. Darren Schneider menjelaskan beberapa gejala yang patut anda waspadai seperti :

1. Terasa Nyeri Pada Kaki

Gejala umum dari kolesterol adalah klaudikasio, yaitu rasa nyeri di bagian kaki atau muncul rasa tidak nyaman dibagian kaki. Hal semacam ini disebabkan oleh tersumbat nya arteri akibatnya aliran darah yang semestinya masuk ke kaki menjadi terhalang. Beberapa orang melaporkan bahwa kakinya terasa berat atau lelah saat digunakan.

Rasa sakit bisa menyebar di sekujur kaki, seperti betis, paha, bahkan juga sampai ke bokong. Hal semacam ini akan hilang jika tidak digunakan untuk bergerak atau berjalan, lalu muncul kembali ketika digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama.

2. Mengalami Kram Di Malam Hari

Menurut Dr. Darren Schneider :

Ketika tidur, orang-orang dengan kolesterol tinggi mungkin merasakan kram di bagian tumit, jemari kaki, atau kaki bagian bawah.

Rasa sakit ini akan hilang jika posisi kaki digantung atau berada lebih tinggi dari posisi badan. Mudahnya, Anda hanya perlu mengangkat kaki ketika tidur selama beberapa menit hingga kram yang muncul hilang secara perlahan. Kaki bisa Anda sandarkan pada dinding.

3. Kuku Berubah

Dikarenakan kuku tidak memperoleh pasokan darah yang cukup disebabkan aliran darah terganggu, akan terjadi perubahan seperti kuku menebal serta tumbuh lebih lambat saat Anda potong.

4. Kulit Ikut Berubah

Dokter kerap melaksanakan pengecekan kolesterol pada seseorang yang telah mengeluh merasakan beberapa gejala-gejala kolesterol tinggi lain untuk meyakinkan dengan cara mengangkat atau menggantung atau menempatkan kaki diatas meja atau bangku.

Awal mulanya, kaki akan berwarna putih dikarenakan aliran darah terganggu. Namun, lama kelamaan berlangsung pergantian warna jadi kemerahan atau keunguan lantaran pembuluh darah mengalami pelebaran dan darah mulai mengalir ke kaki. Dr. Schneider juga menuturkan bahwa penderita kolesterol akan melihat jari-jari kaki menjadi pucat saat duduk karena kurangnya sirkulasi.

5. Kaki Menjadi Dingin

Gejala yang satu ini tidak bisa memastikan secara pasti, dikarenakan pada sebagian orang juga kerap merasakan kedua kakinya dingin saat disentuh, walau tidak sedang sakit ( mungkin saja faktor suhu di daerah tempat tinggal ).

Akan tetapi, Dr. Schneider menghimbau semua orang untuk lebih waspada apabila rasa dingin hanya terdapat pada satu kaki saja, besar kemungkinan itu tanda-tanda jumlah lipid dalam darah berlebihan. Bila Anda mengalami gejala yang satu ini, segera konsultasikan pada dokter untuk memperoleh informasi dan kepastian selanjutnya.

6. Proses Penyembuhan Luka Yang Lamban

Gejala kolesterol yang satu ini berhubungan dengan gejala-gejala penderita diabetes, luka ( terutama di bagian kaki ) dapat berlangsung lama sembuhnya. Penurunan aliran darah menjadi penyebab luka lamban sembuh, atau meski cepat, namun tidak langsung sembuh total.

7. Sering Mengalami Mati rasa

Seseorang wanita pernah mengeluh bahwa sebagian jari tangannya mengalami mati rasa, dan dirinya beranggap hal tersebut adalah gejala tingginya zat purin pemicu asam urat. Tetapi, setelah berkunjung ke dokter, nyatanya mati rasa tersebut adalah dampak sekaligus gejala penyakit kolesterol tinggi.

8. Diare

Dalam metabolisme lemak, badan mempunyai kekuatan menyerap sepertiga keperluan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Normalnya, hati bisa memproduksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh, namun pada kondisi tertentu hati tidak dapat mengetahui kebutuhan tersebut sehingga mengalami masalah dalam proses metabolisme lemak.

Pada kondisi di mana tubuh tidak mampu memproses metabolisme lemak secara sempurna, hal ini akan berpotensi menyebabkan permasalahan dalam sistem pencernaan serta penyerapan, sehingga gejala diare yang berlebihan merupakan salah satu dampaknya.

9. Lesu Disertai Migrain

Meski bukanlah gejala yang pasti terjadi, namun jika dilihat dari pemicu-nya yaitu tergangunya sistem metabolisme lemak tentu juga beresiko pada sistem pencernaan. Makanan yang dikonsumsi gagal dicerna dengan baik sehingga menumpuk pada saluran pencernaan. Rasa kenyang yang muncul dapat mengirimkan tanda pada otak untuk tidak menambah asupan dari luar, sehingga muncul lesu dan bahkan disertai migrain karena sebetulnya tubuh dalam keadaan kekurangan energi.

10. Mengganggu Otak, Mengundang Emosi, Dan Penurunan Kemampuan Memori

Otak merupakan bagian tubuh yang menjadi tempat penyimpanan kolesterol paling banyak, kurang lebih 25%. Oleh karena itu, tidak optimalnya proses metabolisme lemak membuat produksi kolesterol darah menjadi terganggu. Jika kadar kolesterol LDL lebih tinggi dari kolesterol HDL, otak dapat menerima dampak seperti berkurangnya daya ingat, mudah emosi, serta menyebabkan penyakit alzheimer beserta penyakit neurologis lainnya.

11. Mengalami Perut Kembung

Dikarenakan terjadi masalah saat mencerna makanan dan proses metabolisme lemak, saluran cerna dapat menyimpan kelebihan gas yang terhambat pada saluran usus yang mengarah ke daerah perut. Dari situlah awal mula timbul permasalahan seperti perut atau dada kembung.

12. Kelebihan Berat Badan

Tidak hanya gas, pasti lemak juga turut menumpuk di daerah perut sebagai dampak negatif terganggunya metabolisme lemak. Dengan demikian, berat tubuh dapat bertambah dan mengakibatkan kegemukan dikarenakan sel-sel lemak semakin banyak, bahkan juga memiliki potensi terhadap obesitas.

13. Jantung Terasa Sakit Atau Mengalami Palpitasi ( Berdebar-debar )

Berlebihnya kolesterol dapat menghalangi sirkulasi darah karena terjadi penyempitan pembuluh darah pada bagian tubuh yang memiliki kolesterol tinggi. Dikarenakan aktivitas tersebut akan memberikan tanda ke jantung untuk bekerja memompa darah lebih keras supaya mengalir secara normal. Efek samping yang dirasakan oleh penderita adalah rasa sakit di jantung dan terkadang merasa berdebar-debar seperti orang panik.

14. Muncul Benjolan Pada Beberapa Bagian Tubuh

Keadaan dimana terjadi penumpukan lemak memicu terbentuknya benjolan yang terdapat diantara otot dan kulit yang secara medis mendapat sebutan lipoma. Benjolan ini umunya muncul di daerah leher, tangan, perut, dan kaki dengan bentuk kecil dan lembut, berdiameter kurang lebih satu inci, serta pusat tumor dibawah kulit.

Penyebab Penyakit Kolesterol Tinggi Menurut Medis

Kadar kolesterol yang normal bagi tubuh sekitar 160-200 mg. Tetapi, jika anda memiliki kadar kolesterol diatas 240 mg maka anda tergolong orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Banyak hal yang menjadi penyebab penyakit kolesterol tinggi diantaranya faktor keturunan serta gaya hidup yang kurang sehat. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab penyakit kolesterol tinggi dalam tubuh anda.

1. Menu Makanan

Sudah saya jelaskan bahwa sebagian kolesterol sudah diproduksi didalam tubuh manusia terutama dibagian Hati. Hampir 80 persen asupan kolesterol sudah dipenuhi oleh tubuh itu sendiri baru setelahnya dihasilkan dari sumber lain seperti makanan. Sayangnya sebagian makanan mempunyai kandungan kolesterol yang cukup tinggi hingga dapat melebihi 240 mg. Beberapa makanan penyebab kolesterol tinggi seperti daging, susu, keju, kuning telur dan mentega. Ke lima makanan tersebut banyak terkandung lemak jenuh yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu makanan ringan seperti snack, kripik dan cracker yang banyak mengandung lemak trans, dapat juga menyebabkan tingginya kadar kolesterol.

2. Obesitas Atau Berat Badan Berlebih

Obesitas adalah sumber dari beberapa penyakit, memang salah satu penyebab penyakit kolesterol yaitu obesitas atau berat badan berlebih. Lagi dan lagi obesitas juga merupakan penyebab penyakit kolesterol tinggi yang cukup berbahaya. 

3. Kurang Olahraga

Olahraga memiliki banyak faedah, sayangnya aktivitas sehari-hari dapat membuat orang menjadi susah untuk berolahraga. Orang yang jarang berolahraga ini memiliki resiko kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang rutin berolahraga. Sebetulnya ini dapat diantisipasi jika anda yang banyak aktivitas. Bila anda banyak menghabiskan waktu bekerja anda dengan duduk, sesekali lah anda berjalan-jalan serta melakukan kegiatan gerak yang lain. Kerja duduk dalam waktu yang lama juga merupakan penyebab penyakit kolesterol tinggi yang tidak disadari banyak orang.

4. Merokok

Apabila anda merupakan seorang perokok, mulai saat ini mulailah kurangi kebiasaan tersebut hingga nantinya anda bisa meninggalkan rokok. Rokok memiliki kandungan akrolein / zat kimia berbahaya yang dapat mengurangi kadar kolesterol baik / HDL. Berkurangnya kadar HDL ini tentu bisa menyebabkan tingginya tingkat LDL didalam tubuh yang sangat berbahaya bagi setiap manusia. Zat tersebut dapat juga menimbulkan penumpukan lemak didalam hati, sehingga hati tidak bisa berfungsi dengan baik.

Demikian beberapa hal yang dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Jika anda merasa hal-hal diatas merupakan kebiasaan anda, sebaiknya anda mengubahnya dan berupaya untuk menjalankan pola hidup yang sehat untuk mencegah penyakit kolesterol tinggi. Semoga beberapa penyebab penyakit kolesterol tinggi ini bisa membuka mata anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh untuk kehidupan yang lebih baik.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Kolesterol

Visit : suplemenkecantikanglucolife.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *