Penderita Cacar Air Boleh Mandi Atau Tidak ?

By | 10/11/2017

Penderita Cacar Air Boleh Mandi Atau Tidak ?

Penderita Cacar Air Boleh Mandi Atau Tidak ? – Cacar air (varicella, chickenpox) adalah penyakit yang seringkali menjangkiti anak, khususnya dipergantian musim. Walau semakin banyak menyerang anak-anak dibawah 15 tahun, tetapi bukan hanya berarti orang dewasa dan tua bebas dari virus ini, karna Varicella Zoster Virus (VZV) ini dapat menyerang siapapun, serta menyerang seumur hidup sekali.

Banyak penderita yang lagi sakit cacar air menanyakan saat berobat adalah “apakah saya bisa mandi dok, sedangkan saya lagi terserang cacar air begini ? ”Jawabannya adalah BOLEH, silahkan mandi. Banyak penderita cacar air yang takut mandi dikarenakan cemas juga akan menjadi lebih parah, semakin menyebar luas, atau tidak sebagian sembuh.

Asumsi ini salah !! Malah anak perlu mandi, untuk mencegah infeksi kulit, baik infeksi primer ataupun sekunder. Infeksi primer terjadi pada kulit yang terlebih dulu sehat atau normal, sedangkan infeksi sekunder terjadi pada kulit yang melenting dan pecah.

Penderita Cacar Air Boleh Mandi Atau Tidak ?

Jadi, bila penderita cacar air tidak mandi kebersihan tubuhnya tidak terjaga dengan baik, akibatnya kuman mudah masuk. Salah satu tanda infeksi sekunder adalah timbulnya nanah. Pada kondisi seperti ini biasanya penyembuhan akan meninggalkan bekas di kulit yang kurang elok.

Baca Juga : Penyebab Cacar Air Bernanah

Jadi kesimpulannya, bagi yang sedang sakit cacar air boleh mandi, namun perhatikan syarat dan ketentuannya berikut ini :

1. Gunakan Air Hangat

Jika masih mengalami demam, maka gunakanlah air hangat. Seperti halnya ketika seseorang sedang mengalami demam, air hangat bertujuan agar tubuh tidak menggigil karena perbedaan suhu tubuh dan suhu air yang tak jauh, karena perbedaan suhu yang tajam malah akan membahayakan kesehatan. Di samping itu, bagi beberapa orang, air hangat juga bermanfaat mengurangi rasa gatal yang biasanya menyertai cacar air.

Sebagai tambahan, untuk memberikan efek anti-gatal yang lebih paten, beberapa dokter mengajurkan menambahkan satu gelas baking soda ke dalam air di bak mandi, lalu digunakan untuk mandi.

2. Mandi Secara Perlahan

Salah satu prinsip perawatan cacar air yaitu menjaga gelembung cairan (lepuhan) cacar air pada kulit agar tidak pecah. Karena apabila pecah (bukan kempes dengan sendirinya) akan meninggalkan luka parut atau bekas yang nyata ketika sembuh.

Disamping itu risiko tinggi terjadinya infeksi skunder karena bakteri yang masuk melalui luka yang ditimbulkan setelah pecah. Oleh karena itu, pada saat mandi hindari menggunakan sponge bath, karena dikhawatirkan akan membuat lepuhan cacar air menjadi pecah atau terkoyak. Gunakanlah tangan secara perlahan dan lembut saat memandikan badan, jangan sampai menggaruk kulit yang gatal apalagi secara kasar.

3. Gunakan Sabun Cair untuk Bayi

Masih menggunakan prinsip seperti di atas, maka penderita cacar air yang ingin mandi harus menggunakan sabun yang lembut. Contoh terbaik yaitu sabun cair yang biasanya digunakan untuk memandikan bayi. Hindari menggunakan sabun antiseptic yang biasanya begitu keras terhadap kulit.

4. Gunakan Handuk Yang Lembut

Handuk yang lembut kita gunakan, juga atas dasar prinsip di atas. Setelah mandi, keringkan badan secara perlahan dengan menempelkan ringan, jangan sampai menggosok-gosok atau menekan kuat pada kulit. Tapi tidak boleh memakai handuk bersama-sama karena bisa menular ke orang lain.

Mandi Cukup Satu Kali Sehari Jika ketika sedang tidak sakit Anda sering mandi sehari dua kali, maka ketika terkena cacar air seperti ini cukup mandi sehari sekali saja. Jika terlalu sering mandi dikhawatirkan gelembung cairan cacar air menjadi lebih mudah pecah yang malah akan menimbulkan masalah baru. Jadi, silahkan pilih mau mandi pagi hari, siang hari, tengah malam, atau sore hari.

Selain mandi dengan memenuhi ke 4 syarat di atas, Kenakan pakaian longgar agar lenting tak tergesek dan pecah. Taburkan bedak antiseptik (atas anjuran/resep dokter), namun bila lenting pecah, hentikan pemakaian bedak karena hanya akan mengotori dan dapat memicu infeksi sekunder.

Baca Juga :

Penyebab Cacar Air Bernanah

Makanan Sehat Untuk Penderita Tumor Jinak Payudara

Pengobatan Tumor Mata Tanpa Operasi

Pantangan Makanan Setelah Operasi Tumor Jinak

8 Ciri-Ciri Cacar Air Secara Berurutan

Penderita Cacar Air Boleh Mandi Atau Tidak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *