Khasiat Temulawak Untuk Maag

By | 29/06/2017

Khasiat Temulawak Untuk Maag

Khasiat Temulawak Untuk Maag – Temulawak (Curcuma zanthorrhiza) merupakan tanaman herbal yang banyak khasiatnya. Herbal asli pulau Jawa ini sudah cukup popular di bidang kesehatan, khususnya di Indonesia. Walau tidak sepopuler kunyit, namun sebetulnya khasiat temulawak tidak kalah dibandingkan kunyit. Bahkan juga ada yang mengklaim bahwa temulawak merupakan herbal yang lebih baik dari pada kunyit.

Khasiat temulawak untuk kesehatan tak perlu diragukan kembali, sebab sudah mulai sejak jaman dulu digunakan dalam pengobatan secara tradisional. Bagian temulawak yang umumnya digunakan adalah umbi atau rimpangnya.

Khasiat Temulawak Untuk Maag

Berdasar pada beberapa kajian ilmiah, temulawak mempunyai kandungan kurkumin yang lebih tinggi, yakni sekitar 68 % lebih tinggi dari pada kandungan kurkumin pada kunyit yang sejumlah 47%. Temulawak juga tidak memiliki kandungan bisdesmethoxycurcumin, yaitu senyawa yang dapat menghalangi aliran empedu serta menghambat sistem pengeluaran cholesterol dari tubuh.

Dari kajian ilmiah tersebut, bisa di ambil kesimpulan bahwa temulawak benar-benar lebih baik dibanding kunyit. Lantas, apa sajakah khasiat temulawak untuk kesehatan ?, Apakah berkhasiat juga untuk penyakit maag ?, Temukan jawabannya di bawah ini.

Khasiat Temulawak Untuk Maag

Penelitian serta studi atas temulawak sudah membuktikan jika rimpangnya banyak mengandung zat kimiawi positif yang berkhasiat pada kesehatan organ dalam manusia seperti empedu, hati, lambung, serta pankreas. Pengaruhnya pada empedu adalah bisa mencegah pembentukan batu serta kolesistisis. Zat pada temulawak bisa merangsang sel hati untuk membuat empedu, mencegah penyakit hepatitis, membantu menurunkan kadar SGOT serta SGPT serta sebagai anti-hepatotoksik. Selain itu, temulawak bisa merangsang peranan pankreas, menaikkan selera makan, berkemampuan merangsang perjalanan sistem hormon metabolisme dan fisiologi tubuh.

Cara Mengolah Temulawak Sebagai Obat Maag

Khasiat Temulawak Untuk MaagAmbillah 1 rimpang temulawak dan 1 rimpang jahe yang bagus, bersihkan dengan air bersih lantas iris tipis sekitar 1 cm. Selanjutnya jemur sampai jam cukup kering. Perhatian !! Jangan terlalu lama menjemurnya,sesudah di jemur bersihkan dari debu serta kotoran yang melekat pada temulawak tersebut lantas seduh dengan air panas. Temulawak yang di seduh lebih baik daripada yang direbus.

Penelitian juga sudah membuktikan bila temulawak bisa mengatasi anemia, menurunkan cholesterol, memperlancar peredaran darah, mengatasi gumpalan darah, menyembuhkan demam, malaria, penyakit campak, mengatasi pegal linu, sakit pinggang, reumatik, menyembuhkan keputihan, ambeien, sembelit, batuk, asma, radang tenggorokan, sampai radang saluran pernafasan, menyembuhkan eksim, jerawat, radang empedu, dan mengingkatkan stamina, dan lain-lain.

Begitu beragamnya manfaat temulawak untuk kesehatan, Anda semestinya tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya. Bila Anda mengalami keluhan kesehatan yang bisa diatasi dengan temulawak tak ada kelirunya untuk mencoba minum jamu temulawak. Terimakasih telah membaca artikel kami kali ini yang berjudul Khasiat Temulawak Untuk Maag, semoga bermanfaat …..

Khasiat Temulawak Untuk Maag

Posted By : suplemenkecantikanglucolife.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *