Khasiat Daun Randu Untuk Maag

By | 30/07/2017

Khasiat Daun Randu Untuk Maag

Khasiat Daun Randu Untuk Maag – Daun randu (kapuk) ternyata memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan juga pengobatan. Lalu, apa khasiat daun randu untuk kesehatan ? Bagi anda yang ingin mengenal manfaat dan khasiat daun randu untuk maag selengkapnya, anda dapat menyimak uraian singkat berikut ini.

Khasiat Daun Randu Untuk Maag

Khasiat daun randu masih begitu asing bagi banyak orang. Padahal daun ini bisa digunakan sebagai obat bermacam penyakit. Pohon Randu juga dikenal dengan sebutan pohon kapuk karena pohon ini memiliki buah yang dimanfaatkan sebagai isian bantal atau kasur. Randu adalah tanaman tropis yang berasal dari daratan bagian utara Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Tanaman ini banyak dibudidayakan di kawasan Asia, terutama di Indonesia lebih tepatnya pulau jawa. Oleh karena itu tanaman ini juga disebut sebagai kapuk jawa. Pohon randu tingginya bisa mencapai 60-70 meter dengan diameter batang mencapai 3 meter.

Selain buahnya yang dimanfaatkan sebagai isian bantal, ternyata daun randu juga mempunyai berbagai manfaat menguntungkan bagi manusia. Sayangnya kurangnya akan pengetahuan mengenai kegunaan dan manfaat menyebabkan daun tanaman ini biasa dipakai sebagai pakan ternak saja. Helai daun randu berbentuk langset dan tidak berbulu, panjangnya bisa mencapai 5 cm dengan daun majemuk 5-9 tangkai panjang. Daun randu berbau lemah, kelat dan terasa pahit.

Para penelitian menemukan beberapa kandungan yang terdapat pada daun kapuk (randu) seperti polifenol, saponin, damar yang pahit, hidrat arang, flavonoid dan minyak dalam bijinya. Dari kandungan ini dapat dimanfaatkan sebagai indikator obat penurun panas. Baru baru ini kandungan dari pada daun kapuk telah banyak dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maag.

Lantas bagaimana cara membuatnya, simaklah uraian berikut ini.

  • Persiapkan 15-20 helai daun randu, kemudian cuci daun randu tersebut sampai bersih
  • Persiapkan 2 gelas air bening (diusahakan air mineral biasa, bukan yang dingin)
  • Persiapkan Blender
  • Persiapkan alat pemeras (bisa berupa kain peras)

Cara Membuatnya :

  • Masukkan 15 – 20 helai daun randu yang sudah dicuci bersih kedalam blender,
  • Tambahkan 2 gelas air mineral kedalam blender
  • Nyalakan blender sehingga daun randu tersebut hancur (diblender sampai halus)
  • Peras air randu yang sudah diblender halus, kemudian air hasil perasan bisa langsung diminum (tanpa dimasak terlebih dahulu)
  • Ampasnya dibuang saja karena yang dibutuhkan hanya sari dari daun randu tersebut

Catatan :

  • Ketika proses pengobatan ini dijalani, pastikan diimbangi dengan meminum air bening yang banyak, tujuannya untuk membantu membersihkan ginjal.
  • Minumlah air perasan randu ini setiap pagi sebelum makan dan dilakukan secara rutin, Insya Allah dalam waktu 15 – 20 kali minum penyakit Maag kita hilang.
  • Pembaca jangan kaget apabila setelah meminum air randu tersebut selalu merasa lapar dan ngantuk, itu merupakan suatu indikator bahwa pencernaan kita sudah normal kembali

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai Khasiat Daun Randu Untuk Maag, semoga bermanfaat. Sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya dengan khasiat flora dan fauna untuk maag yang lainnya.

Khasiat Daun Perdu Untuk Maag

Posted By : Suplemen Kecantikan Glucolife

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *