Khasiat Daun Jarak Untuk Cacar Air

By | 21/11/2017

Khasiat Daun Jarak Untuk Cacar Air dan Cara Pengolahannya

Khasiat Daun Jarak Untuk Cacar Air – Beberapa saat lalu kita digemparkan dengan suatu penemuan kalau minyak biji jarak bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Waktu itu ramai-ramai beberapa orang di pedesaan menanam pohon jarak. Tetapi saat ini tak tahu bagaimana nasibnya. Tidak jelas sama sekali.

Tapi yang pasti, mulai sejak jaman dulu nenek moyang kita telah menggunakan pohon jarak pagar untuk penyembuhan tradisional. Nyaris seluruh bagian dari pohon jarak bisa bermanfaat mulai dari akar, getah, daun sampai biji buah jarak.

Khasiat Daun Jarak Untuk Cacar Air

Fungsi dan manfaat daun jarak telah dari dahulu dimanfaatkan untuk penyembuhan beragam jenis penyakit, walau demikian hanya beberapa pakar herbal yang tahu di bagian mana serta bagaimana caranya membuatnya supaya menjadi obat herbal lantaran tanaman ini memiliki kandungan toksin yang bisa membunuh manusia. Jadi akan sangatlah penting untuk kita memahami cara pengolahannya supaya manfaat serta khasiat daun jarak dapat betul-betul bisa mengobati penyakit. Cukup banyak obat-obatan medis yang memakai tumbuhan ini dari mulai akar sampai daunnya untuk di buat kombinasi obat-obatan medis.

Dan tak lain dikarenakan kandungan yang ada di dalam daun itu sendiri, yang memang banyak memberikan manfaat bagi tubuh dan serta mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Ada berbagai macam cara dalam mengolah daun jarak agar menjadi obat herbal yang benar-benar mampu mengobati berbagai penyakit. Ada yang mengolah dengan cara mengukus lalu secara langsung memakannya, seperti makan lalapan ketika makan. Atau bisa menumbuknya untuk mengobati luka pada bagian luar tubuh, seperti pada bagian kulit.

Cacar air adalah salah satu penyakit yang kerapkali menyerang kulit dan sangat mudah menular. Penyakit ini ditandai dengan demam, pilek, dan kondisi tubuh yang lemah. Selanjutnya, akan muncul bintik-bintik merah di sekitar dada, perut, punggung, dan kemudian menyebar ke muka dan bagian tubuh lainnya. Beberapa lama kemudian bintik merah akan berubah menjadi gelembung berisi air.

Infeksi virus ini akan menyerang setiap orang, tanpa pandang bulu, anak-anak atau orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air. Namun, jika seseorang sudah mengalami cacar air, tubuhnya akan kebal serangan infeksi virus ini. Gejala penyakit ini pada anak akan lebih ringan dan kesembuhan akan lebih cepat. Sedangkan pada orang dewasa infeksi ini bisa menjadi berat, baik gejala maupun penyembuhannya. Jadi lebih baik terkena cacar air saat masih anak-anak daripada setelah dewasa.

Tanaman obat yang efektif untuk membantu dan mempercepat penyembuhan cacar air salah satunya adalah daun jarak. Di dalamnya mengandung berbagai senyawa kimia seperti nicotiflorin, kaempfherol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Membuat Ramuan dari Daun Jarak ?

Berikut ini resep racikan herbal daun jarak untuk penyakit cacar air.

Bahan :
1. 5 lembar daun jarak.
2. Air secukupnya ( untuk mandi ).

Cara Meracik :
1. Cuci bersih 5 lembar daun jarak.
2. Rebus daun jarak dengan air dalam satu panci.
3. Pergunakanlah air tersebut untuk mandi dengan ditambah air bersih secukupnya, gunakan ketika air masih hangat.
4. Mandilah dengan menggunakan ramuan diatas sebanyak 2 kali sehari sampai penyakit cacar air mongering.

Baca Juga :

Khasiat Semangka Untuk Cacar Air

Khasiat Jagung Muda Untuk Menghilangkan Bekas Cacar Air

Bahaya Cacar Air Saat Ibu Hamil

Penderita Cacar Air Boleh Mandi Atau Tidak ?

Penyebab Cacar Air Bernanah

Khasiat Daun Jarak Untuk Cacar Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *