Khasiat Daun Cincau Untuk Maag

By | 20/07/2017

Khasiat Daun Cincau Untuk Maag

Khasiat Daun Cincau Untuk Maag – Cincau memanglah baik untuk meredakan panas dalam hingga cocok bila dihidangkan ketika cuaca panas. Nyatanya tidak hanya untuk panas dalam saja, cincau juga baik untuk penderita maag. Anda penasaran ?, simak ulasannya di bawah ini !

Khasiat Daun Cincau Untuk Maag

Daun cincau dapat kita dapatkan dengan mudah dikarenakan biasanya dapat tumbuh dengan liar di pekarangan tempat tinggal. Untuk masyarakat luas, daun cincau ini dapat dikonsumsi menjadi bahan untuk pengobatan tradisional bermacam penyakit.

Beragam bangsa nyatanya telah akrab serta memanfaatkan tanaman obat itu. Orang-orang Sunda, umpamanya, mengenalnya sebagai cincau. Tumbuhan dari famili Verbenaceae (jati-jatian) ini termasuk juga tanaman semak atau pohon kecil yang tingginya mencapai 10 m.

Di Indocina, daun serta akarnya sebagai obat tradisional untuk memperlancar air kencing (diuretik), masalah lambung, serta penyakit demam. Orang-orang di India memakai daunnya untuk penyembuhan radang rematik, sakit perut atau mulas (kolik), serta gas dalam perut (flatulence). Rebusan akar serta daun cincau dipakai untuk obat demam di Semenanjung Malaysia. Di Papua Nugini sari daunnya dimanfaatkan sebagai obat batuk, sakit kepala, serta demam. Sementara orang-orang di Guam memanfaatkan teh rebusan kulit kayunya untuk penyembuhan sakit saraf (neuralgia).

Beberapa tanaman biasa dimanfaatkan orang-orang untuk meredam sakit maag ini. Salah satunya tanaman cincau. Berdasarkan penelitian, daun cincau bermanfaat mencegah radang serta menurunkan produksi asam lambung. Nah, zat apa kiranya yang membuat cincau manjur untuk sakit maag ?

Disebutkan Dr. Florence C. Amato dalam Fundamentals of Medical Science for Medical Record Personel (1985), penyakit maag umumnya bermula dari makanan yang dikonsumsi tercemar bakteri atau kuman sehingga menyebabkan infeksi. Dalam kondisi serangan ringan, diagnosis pemicunya seringkali tidak jelas. Namun dapat pula diikuti dengan muntah darah (hematemensis) berwarna hitam lantaran dampak asam lambung yang tinggi.

L. B. Cardenas, Lemmens, serta Horsten dalam Medicinal and Poisonous Plants 1 (1999) Daun mengatakan, sejumlah senyawa flavonoid bersifat mencegah radang (anti-inflamatori) serta menurunkan kandungan asam lambung. Senyawa flavonoid terdapat pada beberapa tumbuhan obat, seperti cincau (Premna serratifolia), camcau (Cyclea barbata), dan beberapa kerabatnya dari famili Menispermaceae.

Daun cincau memiliki kandungan bahan kimia berupa senyawa aktif Premnazole serta Phenyl butazone. Premnazole (alkaloid isoxazol) dari hasil isolasi daun cincau sebagai senyawa antiradang yang dapat menurunkan pembentukan tumor pada jaringan granulasi yang menyerang butir-butir dalam protoplasma (granuloma). Phenyl butazone adalah senyawa yang mempunyai aktivitas sama juga dengan Premnazole dengan menurunkan kandungan kelenjar adrenal serta asam askorbat (vitamin C).

Dalam riset yang sama, kedua senyawa tersebut juga dapat menurunkan aktivitas enzim sehingga otomatis asam lambung yang terjadi pada cardia dalam dinding lambung juga alami penurunan. Camcau adalah satu diantara jenis tumbuhan yang kerapkali dipakai sebagai pengganti cincau. Di daerah Jawa, daunnya untuk bahan jeli yang umum disebut camcau ijo. Jeli ini sebagai makanan dan minuman pengusir sakit perut dan demam.

Tumbuhan camcau menyimpan senyawa kombinasi alkalin termasuk juga senyawa S, S-tetrandrine (sebagai alkaloid paling utama lebih dari 3% dalam akar). Senyawa ini, berdasarkan studi, bekerja menghalangi perubahan tumor ganas pada ginjal (neuroblastoma). Juga memiliki aktivitas dalam mencegah ataupun pengobatan penyakit pembuluh darah jantung (kardiovaskuler), termasuk juga penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) serta masalah lambung akibat tidak adanya irama lambung atas (supraventricular arrthythmia).

Senyawa tersebut juga mempunyai pengaruh sebagai antiradang, pereda radang (prostaglandin), pengumpul zat pembeku darah, penekan radang sendi, serta mencegah produksi nitrixc oxcide. Ada juga senyawa aktif yang lain adalah R, S-isotetrandrine, R, Schondocurine, homoaromoline, serta fangchinoline.

Khasiat cincau hijau dapat Anda rasakan dengan maksimal jika Anda mengkonsumsi ramuan cincau yang belum diolah menjadi agar. Ditambah lagi, es cincau sering ditambahkan santan serta air gula yang membuatnya kurang sehat.

Demikianlah artikel kami hari ini mengenai Khasiat Daun Cincau Untuk Maag, Semoga bermanfaat 😀

Khasiat Daun Cincau Untuk Maag

Posted By : Suplemen Kecantikan Glucolife

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *