Khasiat Daun Andong Untuk Maag

By | 23/07/2017

Khasiat Daun Andong Untuk Maag 

Khasiat Daun Andong Untuk Maag – Andong atau lebih dikenal dengan nama Hanjuang adalah kelompok tumbuhan monokotil yang sering ditanam oleh masyarakat sebagai salah satu tanaman hias, daunnya yang berwarna merah atau hijau kemerahan cukup cantik untuk dijadikan tanaman hias. Kelebihan dari tanaman Andong adalah relatif tahan terhadap kekeringan dan meskipun tidak dirawat mampu bertahan hidup dengan baik. Manfaat dari tanaman andong merah ini banyak sekali, Diantaranya sebagai pereda sakit maag, penyejuk darah, menghentikan pendarahan dan menghancurkan darah beku pada saat terjadi memar.

Khasiat Daun Andong Untuk Maag

Ciri-ciri umum tanaman andong adalah perdu yang bercabang. Mempunyai tinggi antara 2-4 m. Daun pada ujung ranting berjejal dengan susunan spiral. Memiliki tangkai yang seperti talang. Serta helaian daun bentuk garis atau lanset, 20-60 kali 1-13 cm, dengan pangkal yang berbentuk baji dan ujung runcing, hijau atau merah atau lorek.
Ranting dengan bekas daun rontok yang berbentuk cincin.

Andong memiliki biji hitam mengkilat. Benang sari berjumlah 6 buah dan tertancap pada tenda bunga. Kepala putik pendek 3 taju. Buah buni seperti bentuk bola, merah mengkilat. Tanaman andong merupakan salah satu tanaman yang ditanam di taman maupun di kebun-kebun sebagai tanaman pagar. Tanaman ini berasal dari Asia Timur, termasuk di Indonesia, tanaman andong sering dijumpai di taman sebagai tanaman hias

Kandungan Daun Andong

Tanaman andong mengandung saponin, tanin, flavonoid, polifenol, steroida, polisakarida, kalsium oksalat, dan zat besi. Semua zat ini umumnya terletak pada bagian daun. Sebagian kecil berada pada bagian batang, bunga dan akar.

Khasiat Daun Andong Untuk Maag

Tumbuhan ini dapat berkhasiat untuk memperkuat lambung, tanaman ini banyak tumbuh di pematang sawah atau diantara padi yang belum disiangi. Tanaman ini merupakan gulma bagi petani padi, namun tanaman ini bermanfaat untuk mengatasi masalah lambung. Tanaman ini mengandung senyawa asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, dan brahmoside yang dapat menutupi luka jika dikonsumsi secara rutin. Andong memiliki khasiat yang tinggi dibanding dengan tanaman obat lain.

Cara Mengolah Daun Andong Sebagai Obat Maag

Siapkan 5 gram pegagan, 1 gram pupus pepaya, 7 gram adas, 3 gram jinten, 5 gram kencur (diparut), 5 gram sembung, 6 gram daun pooh, 5 gram pulosari, 2 gram ketumbar, dan 10 gram falerian. Semua bahan direbus dengan 500 ml air dan diminum untuk 1 hari. Akan berguna untuk mengobati Sakit Maag dan Kembung pada perut Anda.

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai Khasiat Daun Andong Untuk Maag, Semoga bermanfaat 😀

Khasiat Daun Andong Untuk Maag

Posted By : Suplemen Kecantikan Glucolife

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *