Inilah Tanda-Tanda Miom Menurut Medis

By | 02/08/2017

Inilah Tanda-Tanda Miom Menurut Medis

Inilah Tanda-Tanda Miom Menurut Medis – Sebagian besar wanita akan mengalami miom dan kista, terkadang tanpa disadari. Bahkan diketahui 75% wanita pernah mengalami miom. Seperti dijelaskan dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario, SpOG, miom adalah tumor jinak yang tumbuh di otot uterus atau dinding rahim.

Apa Itu Miom ?

Miom, biasa disebut juga fibroid, leiomioma, leiomiomata, atau fibromioma adalah tumor yang terbentuk di dalam rahim. Miom bisa muncul sebagai satu miom, atau sekelompok miom kecil. Ukuran miom bisa berkisar dari 1 mm hingga 20 cm.

Inilah Tanda-Tanda Miom Menurut Medis

Ada 4 jenis miom :

  1. Subserosa, jenis miom ini tumbuh di dalam rahim dan menyebar ke bagian luar serviks.
  2. Intramural, jenis miom ini hanya tumbuh di dalam rahim, yang mungkin memperbesar ukuran rahim.
  3. Submukosa, jenis miom ini berkembang di dalam lapisan rahim, yang berarti dapat mempengaruhi siklus menstruasi, sehingga mengakibatkan kemandulan dan keguguran.
  4. Pedunculated Miom, jenis miom ini terhubung ke luar atau dalam rahim melalui sebuah tangkai kecil.

Jika memang sering terjadi tapi mengapa kebanyakan wanita tak menyadarinya ? Ini karena pada kenyataannya, pertumbuhan miom sangat kecil dan tidak menimbulkan masalah, sehingga sebagian besar wanita tak tahu jika memilikinya. Tapi beberapa kasus, miom bisa berkembang jadi tumor ganas yang bisa menimbulkan masalah kesuburan, dan gangguan kehamilan.

Umumnya tumor jinak ini terjadi selama wanita berada di usia produktif, tapi lebih besar kemungkinannya di usia 30-40an tahun. Karena tumbuh di dinding rahim, gejala yang bisa dirasakan adalah tidak teraturnya menstruasi dan menstruasi yang berat dan menyakitkan.

Umumnya pertumbuhan miom sangat lambat, tapi jika tumbuh besar, bisa menimbulkan rasa sakit di perut, area pinggul dan bahkan sering buang air kecil karena menekan kantung kemih. Tumor yang tumbuh di mulut rahim bahkan bisa menyebabkan sulit hamil karena menghambat jalannya sel telur bertemu sperma, dan timbulnya rasa nyeri yang luar biasa ketika menstruasi dna melakukan hubungan intim.

Jadi, jika kamu merasakan tanda atau gejala-gejala di atas dan khawatir dengan kesehatan, pastikan kamu memeriksakan diri ke dokter kandungan. Semoga bermanfaat guys 😀

Baca Juga : 

Biaya Melakukan Operasi Transplantasi Ginjal

Perbedaan Asam Lambung dan Maag

Khasiat Daun Randu Untuk Maag

Cara Mengobati Penyakit Leptospirosis

Pengobatan Tumor Jinak Pada Payudara

Inilah Tanda-Tanda Miom Menurut Medis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *