Anjuran Makanan Untuk Penderita Sakit Ulu Hati

By | 16/02/2018

Anjuran Makanan Untuk Penderita Sakit Ulu Hati Rekomendasi Dokter

Anjuran Makanan Untuk Penderita Sakit Ulu Hati – Sakit ulu hati merupakan gejala sakit perut yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang, kebanyakan dari mereka menduga nyeri ulu hati ini disebabkan oleh sakit maag. Karena memang sakit maag adalah faktor utama dalam timbulnya penyakit sakit ulu hati jadi, anjuran makanan sakit ulu hati-pun sama dengan anjuran makanan penyakit maag. Berikut kami uraikan kembali anjuran makanan sakit ulu hati yang sama dengan penyakit maag tersebut.

Anjuran Makanan Untuk Penderita Sakit Ulu Hati

Inilah 7 Jenis Makanan Untuk Sakit Ulu Hati Yang Disarankan Oleh Dokter Spesialis Lambung

1. Asam Amino

Beberapa ahli gizi menyarankan asupan asam amino yang merupakan protein dapat membantu menyembuhkan luka sakit maag. Tempe yang hanya dikukus akan membantu menyembuhkan sakit maag. Tempe mengandung senyawa anti inflamasi (anti peradangan) dan kaya akan protein. Protein kompleks dalam tempe sudah dicerna kapang atau jamur sehingga siap diserap oleh tubuh. Kulit kedelai yang keras juga akan menjadi lembek sehingga lebih mudah dicerna. Tempe akan memperbaiki gangguan lambung dan sistem pencernaan yang rusak.

2. Vitamin E Dalam Makanan

Vitamin E yang terdapat dalam makanan seperti dalam kemiri, gandum, minyak biji bunga matahari, serta minyak kedelai akan meringankan luka lambung.

3. Minum Yoghurt

Makanan terbaik untuk membantu penyembuhan dan mengurangi risiko ulkus (luka) lambung adalah yoghurt tanpa lemak.

4. Zat Antioksidan

Makanan yang memiliki zat antioksidan akan mengurangi risiko luka lambung dan usus, serta meredakan gejala sakit maag. Vitamin C (dalam sayuran) dan betakaroten (dalam wortel) yang akan melindungi lapisan lambung dan usus. Terdapat dalam wortel, kangkung, kubis, brokoli, buah kiwi, dan aprikort.

5. Aneka Bahan Yang Lembut

Kebanyakan jenis daging yang dicincang lembut, unggas tanpa kulit, ikan, seafood, kerang, serta tahu dan kedelai ditoleransi untuk penyakit maag.

6. Makanan Yang Berserat

Meningkatkan makanan dengan asupan serat dapat membantu mengurangi ulkus (luka) pada lambung dan usus (duodenum) karena akan memperkuat lapisan pelindung dalam perut dan usus.

7. Mengandung Omega-3

Penderita disarankan memakan makanan yang mengandung Omega 3, yaitu sejenis lemak baik yang akan membantu untuk meningkatkan produksi senyawa yang melindungi lapisan pencernaan. Omega 3 ditemukan dalam ikan berminyak seperti tenggiri, sarden, herring, dan salmon.

8 Makanan Untuk Penderita Sakit Ulu Hati Yang Dianjurkan Oleh Dokter

1. Kentang Rebus

Kentang rebus bersifat alkali saat pagi dan dapat menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Kentang juga sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang dalam perut. Bubur kentang, jus kentang dapat membantu mengurangi sakit ulu hati.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sumber kalium, sulfur, serta vitamin C yang baik bagi penderita sakit ulu hati. Sulfur merupakan prekusor glutation yang berperan sebagai antioksidan pelindung terhadap mucosa lambung. Vitamin C berguna untuk memelihara stamina tubuh yang biasanya menurun (drop) saat sakit ulu hati. Sayuran dari bahan sayaur mayur tak berserat dan tidak menimbulkan gas lainnya adalah labu kuning, labu siam, dan wortel.

3. Bubur Ayam

Begitu sakit maag, makanan lunak seperti bubur amat berguna untuk memperingan rasa sakit. Bubur bisa ditambahkan dengan telur rebus, telur setengah matang, dengan bumbu kecap asin ditambah kerupuk. Hindari memakan sate jeroan karena sulit dicerna.

4. Lidah Buaya

Kandungan saponin dalam lidah buaya merupakan antiseptik yang bermanfaat untuk meredakan panas dan juga sebagai penyembuh luka. Senyawa antrakuinon dan kuinon dalam lidah buaya berkhasiat sebagai antibiotik, dan penghilang rasa sakit, sekaligus merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Kandungan mukopolisakarida berguna untuk memulihkan radang pada saluran pencernaan dan arthritis.

5. Sayuran Kol

Kol dikenal mengandung asam amino glutamin yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu perlindungan pada lapisan mucosa lambung serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Meski banyak dihindari karena mengandung gas banyak ahli kesehatan memanfaatkan kol untuk atasi sakit ulu hati.

6. Buah-buahan

Buah-buahan juga sangat bermanfaat bagi penderita sakit ulu hati, karena dapat mengurangi penumpukan zat asam lambung. Buah-buahan seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat keasaman) dalam lambung.

7. Permen dan Gula-gula

Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa, sehingga mampu menetralisir asam lambung. Tetapi, Jangan makan permen karet karena manfaatnya bisa kebalikannya. Kekenyalan menyebabkan produksi asam lambung meningkat berlebih.

8. Konsumsi Suplemen

Penderita perlu memakan makanan atau suplemen yang menyehatkan mukosa lambung seperti QnC Jelly Gamat.

 Anjuran Makanan Untuk Penderita Sakit Ulu Hati

Posted By : suplemenkecantikanglucolife.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *