4 Penyebab Fungsi Ginjal Menurun

By | 21/09/2017

4 Penyebab Fungsi Ginjal Menurun

4 Penyebab Fungsi Ginjal Menurun – Salah satu organ tubuh penting adalah ginjal, yang memiliki fungsi untuk membantu menyaring kotoran melalui urin. Tidak hanya itu ginjal juga membuang kelebihan air dalam tubuh. Hal inilah yang membuat fungsi ginjal sangat penting bagi tubuh. Jika ginjal mengalami masalah maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Ginjal adalah organ tubuh yang terletak dekat bagian tengah punggung, tepat di bawah tulang rusuk. Sama seperti bagian tubuh lainnya, fungsi ginjal pun tak kalah penting. Ginjal terdiri dari satu pasang organ, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan. Tiap ginjal berukuran sekitar 10-12 cm atau sebesar kepalan tangan, dan mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil. Terdapat berbagai fungsi ginjal yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh.

4 Penyebab Fungsi Ginjal Menurun

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting agar tidak terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan memulai pola hidup sehat. Berikut ini adalah hal yang harus kamu hindari agar tidak terhindar dari berbagai masalah kesehatan ginjal.

1. Kebiasaan Menunda Buang Air Kecil

Mempertahankan kandung kemih penuh untuk waktu yang lama atau menunda ingin buang air kecil adalah salah satu alasan utama di balik kerusakan ginjal. Ketika urine tetap dalam kandung kemih untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di dalam urin untuk berkembang biak. Selain itu, mempertahankan urin meningkatkan tekanan pada ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal dan inkontinensia.

2. Kurang Minum Air Putih

Menurut National Kidney Foundation, orang dewasa yang sehat harus minum setidaknya 10 sampai 12 gelas setiap hari cairan untuk menjaga ginjal sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik. Namun, perlu diingat bahwa minum terlalu banyak air juga tidak baik bagi kesehatan ginjal, karena membuat ginjal bekerja lebih keras.

3. Terlalu Banyak Makan Garam

Ginjal memetabolisme 95 persen natrium yang dikonsumsi melalui makanan. Ketika asupan garam yang tinggi, ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan garam. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan fungsi ginjal menurun, menyebabkan retensi air dalam tubuh. Retensi air dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit ginjal. Maka untuk menjaga kesehatan ginjal sebaiknya mulai untuk mengurangi konsumsi garam.

4. Konsumsi Obat yang berlebih

Mulai saat ini sebaiknya kamu mulai mengurangi penggunaan analgesik atau obat pereda nyeri dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa analgesik dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan memburuk fungsi ginjal. Selain itu, penggunaan secara jangka panjang obat-obatan analgesik dapat menyebabkan gagal ginjal akut atau penyakit ginjal kronis yang dikenal sebagai nefritis interstitial kronis.

Begitu pentingnya peran ginjal dalam tubuh, maka sudah semestinya jika kedua ginjal dijaga kesehatannya agar selalu dapat berfungsi dengan baik. Meskipun manusia dapat hidup sehat dan normal hanya dengan satu ginjal, memiliki dua ginjal yang sehat tentu lebih baik.

Menjaga kesehatan dan fungsi ginjal dapat dilakukan dengan menjaga tekanan darah dan kolesterol, mengonsumsi makanan rendah garam, makan lebih banyak buah dan sayuran, rajin berolahraga, sering minum air hingga urine berwarna bening, jangan merokok, jangan terlalu banyak mengonsumsi alkohol, dan menjaga berat badan ideal.

Demikian 4 hal yang sebaiknya Anda hindari untuk menjaga kesehatan ginjal. Dengan menjaga kesehatan ginjal, maka kesehatan kamu pun terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat. Keep Healthy Guys 😀

 

Baca Juga :

Obat Badan Lemas Lesu Tak Bertenaga

Suplemen Makanan Untuk Kesehatan Ginjal

Cara Mengobati Cedera Bahu Akibat Olahraga

Khasiat Biji Mangga Untuk Keputihan

Nyeri Sendi Bahu dan Cara Mengobatinya

4 Penyebab Fungsi Ginjal Menurun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *